Sabtu, 06 Februari 2021

Online School, Metode Belajar Terbaru di Zaman Modern

Internet menjadi teknologi yang sangat berperan penting di masa pandemi seperti sekarang. Tidak hanya untuk mendukung kebutuhan bisnis saja, dunia pendidikan juga saat ini sangat mengandalkan teknologi ini. Dari mulai mengerjakan program csr untuk pendidikan untuk siswa/i di tingkat sekolah menengah, maupun untuk kegiatan belajar mengajar keseharian dari tingkat SD hingga kuliah. Pembelajaran sistem online ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan meningkatnya penyebaran virus ini di lingkungan sekolah.


Tentu saja, pembelajaran sistem online ini berbeda dengan tatap muka. Baik dari segi waktu, cara belajar, dan sebagainya. Lantas, apa sajakah keuntungan menerapkan metode belajar online ini? Yuk, disimak bahasannya!

1.    Waktu belajar siswa menjadi lebih singkat

Jika biasanya waktu belajar siswa bisa sampai 7 jam perhari, namun dengan diberlakukannya sekolah online ini maka waktu belajar siswa pun menjadi lebih singkat sekitar 3 – 4 jam sehari. Meski waktunya lebih singkat, akan tetapi materi-materi yang diberikan tetap bisa disampaikan dengan baik. Dan untuk lebih mempermudah para siswa, biasanya materi tersebut dikirimkan langsung melalui email ataupun handphone pintar.  Tentu saja, hal ini dapat membantu memudahkan proses belajar siswa tanpa perlu bertatap muka langsung dan meminimalisir penularan virus.

 

2.    Siswa dapat mengembangkan bakat dan potensi yang dimilikinya

Belajar online yang tidak memakan banyak waktu membuat siswa dapat mengembangkan dirinya pada hal lain misalnya menulis, menggambar, ataupun membaca. Jika suka memasak, mereka juga bisa mengembangkan bakatnya dengan memasak makanan enak bersama keluarga tercinta. Dengan demikian, para siswa tentu tidak hanya sekadar belajar dan mencari ilmu saja tapi juga bisa mengembangkan bakat dan potensi yang dimilikinya.

 

3.    Efisiensi waktu

Dengan menerapkan metode belajar online, siswa tidak perlu datang ke sekolah. Dengan begitu waktu yang biasanya digunakan untuk perjalanan bisa dialihkan pada kegiatan lain yang lebih bermanfaat. Misalnya saja untuk mengeksplor bakat dan minat siswa yang tidak bisa didapatkannya di sekolah, belajar online haal lain seperti kursus bahasa, dan sebagainya.

 

4.    Mengajarkan kedisiplinan dan tanggung jawab

Metode belajar online mengajarkan siswa untuk lebih disiplin dan bertanggung jawab karena tidak ada guru yang mengingatkan untuk mengerjakan tugas, mulai belajar, dan lain sebagainya. Siswa pun dituntut untuk sepintar mungkin mengatur waktu belajarnya dan tidak terpengaruh oleh hal lain seperti main game, menonton film kesukaannya, dan lain sebagainya. Dengan begitu, siswa pun tentu tidak akan lalai dengan sekolahnya. 

Tentu saja, di tengah pandemi sekarang ini menerapkan metode belajar online menjadi langkah tepat karena siswa tidak perlu bertatap muka dengan guru maupun temannya. Selain itu, dengan diterapkannya metode belajar online ini juga membuat siswa pun menjadi lebih menghargai sekolahnya. Dan, tidak terkecuali, dapat membantu meminimalisir penyebaran virus dan tidak memunculkan klaster baru di persekolahan.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!