Senin, 21 Desember 2020

Cara Pengobatan Cedera ACL Untuk Mengembalikan Fungsi Lutut Menjadi Normal

Cedera ACL, dua kata ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi seseorang yang bergelut dalam dunia olahraga. Cedera ACL merupakan kependekkan dari Anterior Cruciate Ligament yaitu cedera pada lutut. Cedera ACL ini terjadi akibat lulut yang dipaksa melakukan gerakan exstra secara tiba-tiba.

 

Cedera pada lutut ini sebenarnya merupakan cedera yang paling rawan karena pemulihannya memerlukan waktu yang cukup lama. Apalagi bila  sampai mengakibatkan  tempurung lutut atau premolar mengalami retak atau bahkan pecah. Selain penderita merasakan sakit yang luar biasa lutut juga tidak dapat digerakkan.

Cedera ACL

Begini Cara Pengobatan Cedera ACL Agar Fungsi Lutut Kembali Normal


Cedera pada lutut ini meski tergolong rawan namun masih dapt disembuhkan total secara medis. Bagi seseorang yang mengalami cedera ACL ini cara pemulihannya dapat dilakukan tergantung dari berat ringannya cedera lutut yang dialami. Berikut beberapa ulasan cara pengobatan yang wajib diketahui bila mengalami cedera pada lutut.

Cara Pengobatan Cedera Lutut Dengan Operasi


Bagi seseorang yang mengalami cedera pada lutut dengan kondisi yang parah maka cara pengobatan terbaik dengan melakukan tindakan operasi oleh dokter spesialis ortopedi. Cara ini dilakukan untuk mengembalikan fungsi normal seperti sebelumnya. Agar penderita dapat pulih secara normal dan tidak mengabibatkan terjadi kelainan pada lutut. Sehingga penderita dapat beraktivitas kembali secara normal.

Pemulihan Cedera Lutut Tanpa Opearsi


Bagi seseorang yang mengalami cedera acl hanya sebatas dis lokasi atau  hanya mengalami pergeseran posisi lutut maka cara pemulihannya dapat dilakukan dengan tanpa operasi.  Pemulihan cedera lutut tanpa oprasi ini dapat dilakukan dengan aman secara medis yaitu dengan cara fisioterpi dan akupuntur untuk mengembalikan fungsi lutut menjadi normal kembali.

 

Pengobatan cedera lutut dengan fisioteri biasanya dilakukan dengan cara terapi ringan seperti melakukan beberapa gerakan untuk membalikan fungsi lutut menjadi normal. Pemulihan melalui gerakan ini dilakukan dengan pengawasan dan bimbingan oleh ahli fisioterapi. Terapi ini bisa dilakukan di rumah sakit, bisa juga ahli terapinya dipanggil ke rumah.

 

Terapi cedera acl yang dilakukan oleh ahli fisioterapi ini biasanya meliputi beberapa gerakan. Seperti penderita harus duduk di lantai yang rata sambil meluruskan kedua kaki ke depan. Setelah itu menekuk sebelah kaki yang lain secara bergantian. Kemudian melakukan penekanan pada bagian lut yang mengalami cedera hingga bagian bawahnya menempel pada lantai.

 

Gerakan terapi yang lainnya dengan berbaring pada lantai tang rata sambil meluruskan bagian kaki yang mengalami cedera lutut. Beberapa gerakan terapi tersebut sebaiknya dilakukan berulang dengan rutin sampai fungsi lutut kembali normal seperti sedia kala, Sehingga penderita dapat beraktivitas kembali secara normal. 


Demikian informasi mengenai beberapa cara pengobatan baik dengan operasi maupun tanpa operasi yang dapat dilakukan seseorang yang mengalami cedera acl.  Untuk mengembalikan fungsi lutut agar dapat kembali normal seperti sedia kala.