Kamis, 25 Juni 2020

Profit atau Omset?

Mengutamakan omset besar tapi profit kecil atau rasio profit besar dan omset kecil? Ya lebih baik omset besar dan profit besar dong. hehe


Tapi kalau memilih antara satu, lebih baik membesarkan omset atau profit, saya akan pilih OMSET!

Profit atau omset?
Profit atau omset?


loh kok? bukannya prinsip bisnis itu mendapatkan profit sebesar besarnya? ya betul, tapi kalau dari awal anda sudah mengejar profit, bisnis anda tidak akan berkembang. Maksud saya di sini bukan berarti bisnis itu tidak ada untung, tapi untung yang didapatkan jadikanlah modal kembali, atau bahasa kerennya itu retained earning.

Khususnya untuk bisnis yang di bawah 10 tahun, profit itu ga penting, lebih baik membesarkan omset sebesar besarnya lalu keuntungan yang didapat gunakan kembali untuk mengembangkan bisnis. Bisa dengan research produk baru, ekspansi, belanja karyawan yang lebih baik, pindah ke tempat yang lebih ok, dan lain sebagainya. Ini adalah konsep kapitalis sejati. hehe

Kalau bisnis anda sudah 10 tahun bisa bertahan, itu secara teori anda sudah memasukin fase bisnis yang mature. Pasar anda sudah terbentuk, customer anda sudah banyak, sistem anda sudah kuat, baru lah anda berpikir untuk mencari profit sebesar besarnya. Mungkin anda sudah sering dengar, bahwa unicorn (Shopee, Tokopedia, Gojek, dslb) itu tidak profit, ya itu sangat wajar sekali, mereka mengutamakan keberlangsungan bisnis mereka supaya bisa bertahan selamanya.

Bisa kita lihat Amazon dan Google, mereka sudah 10 tahun lebih, wajar kalau mereka mencari profit. Dan Amazon adalah perusahaan ter-profit dengan valuasi terbesar sepanjang sejarah manusia. Saya lupa pernah baca ini dimana, tapi silahkan anda kroscek dengan Googling ya. *thanks to Emil Yahya yang sudah mengoreksi

Saya sendiri, karena saya berbisnis baju muslim, biasanya profit yang saya dapatkan langsung saya alokasikan lagi ke bahan baku atau biaya branding. Jadinya uangnya muter muter terus, dengan harapan bisa membesar terus omsetnya seperti bola salju.

Oh ya meski saya bilang profit itu ga penting, lalu bagaimana dengan kesejahteraan anda sebagai pemilik bisnis? silahkan anda cek, founder bisnis sukses itu gaya hidupnya tidak glamor. 

Bill Gates? khas dengan sweaternya yang bersahaja dan misi filantropinya dia
Mark Zuckerberg? tampilannya juga sederhana, ga tau sih gaya hidupnya
Sandiaga Uno? tampilannya juga sederhana, dan banyak menelurkan misi pengembangan UMKM

3 orang di atas aja seperti itu, lantas mengapa anda berharap berbisnis dan bisa foya foya? ini memang salah kaprah yang beredar di masyarakat. Orang orang sering bilang, "wah enak nih bisnis banyak duitnya". oh ini salah sekali. Justru kalau anda mau gampang foya foya, berkarir aja di perusahaan gede, dijamin banyak uangnya, dan bisa memuaskan gaya hidup foya foya yang anda dambakan.

Jadi soal uang dan kesejahteraan, yang penting buat founder / CEO level itu adalah terpenuhi kebutuhan nya yang standar dan nyaman. Bukan berarti melarat loh ya, jika di bisnis anda mengharuskan anda punya helikopter, kenapa tidak? tapi kalau ngambil profit bisnis untuk beli helikopter supaya bisa jalan jalan terus, ini founder yang buruk.


Tidak ada komentar:
Write komentar