Kamis, 11 Juni 2020

Produk itu Tidak Penting

banyak pertanyaan yang ke saya yang nanya mau mulai bisnis online tapi bingung produk apa? produk apa ya yang bagus untuk dibuat jualan? gmn produk ini bagus ga untuk dipake jualan?

tips berjualan online
tips berjualan online

Padahal sepengelaman saya selama ini, pemilihan produk adalah bukan faktor utama untuk mulai bisnis online.. Bahkan saya sempat berpikir (mungkin sampai sekarang), mau jualan apa aja asal tepat berjualan ke siapa, dan tepat bagaimana berjualannya, pasti laku...

Saya sering menemukan online shop produknya bagus bagus, tapi tidak laku. Bahkan ada kompetitor saya, saya akui produknya lebih lucu lebih manis dari produk Bajuyuli, tapi penjualannya dibandingkan dengan kami masih jauh lebih banyak penjualan kami.

Jadi apa saja yang utama untuk memulai bisnis online?

1. Harga

Jujur aja kalau mau jualan online apalagi mulai dari marketpace, taktit pertama yang harus dilakukana adalah banting bantingan harga.. ini beneran. Jadi untuk awal awal jangan berharap ngambil margin besar untuk suatu produk. Saran saya 5-10% dari harga modal udah cukup. Nanti lama kelamaan kalau sudah laku, anda mulai dikenal oleh pasar, baru deh jualan dengan margin yang lumayan...

Apalagi kalau branding anda sudah bagus, sudah kuat, mau margin 100% ke atas juga ga masalah. Tapi ini butuh waktu yang lama, butuh kesabaran tingkat tinggi, dan butuh modal yang tidak sedikit. Setidaknya 5 tahun baru anda bisa mencapai fase ini..

kalau saya sendiri, margin saya per produk itu kurang lebih 35%, dan ada beberapa yang marginnya 5% saja. Yang 5% ini agar tetap muncul di Shopee saat calon pembeli melakukan filter "termurah"

2. Tau jualan di mana

Platform jualan online itu banyak sekali. website, instagram, Facebook, WA, Line, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, jd.id, dst dst dst... Anda wajib hatam semua platform tersebut, harus faham ketentuan ketentuan dari platform tersebut, harus tau mengoperasikan platform-platform tersebut.

Hampir setiap platform menyajikan tips dan trik supaya laku berjualan di platform mereka, ikuti itu! ini penting banget, karena si platform (marketplace) tentu ingin seller yang berkualitas, ingin produk yang berkualitas, makannya mereka memberikan ketentuan ketentuan, tips dan trik untuk dilakukan oleh seller mereka. Baca juga: https://www.garoblogz.com/2020/02/tahapan-memulai-bisnis-online.html

3. Mau belajar

Poin no 2 di atas sudah saya bilang untuk menghatamkan dulu fitur fitur yang ada di tiap platform, mengetahui fungsi2nya (setidaknya yang dasar). Itu banyak sekali loh, dan mereka berubah dengan cepat! saya aja yang sudah berjualan di Marketplace kurang lebih 5 tahun, kadang bingung kalau ada fitur fitur baru yang diluncurkan.

makannya kalau anda bukanlah orang yang mau belajar, akan sangat sulit sekali bisa survive di dunia online. baca juga: https://www.garoblogz.com/2020/05/bagaimana-memulai-bisnis.html

Untuk materi belajarnya apa itu ga perlu khawatir, Googling! semua tips yang di Googling itu bener semua kok, percaya sama saya. Masalahnya anda mau mengikuti atau tidak?

4. Fast respon

Nah ini yang gawat. kalau anda tidak fast response terhadap pelanggan anda ketika bertanya, mereka akan kabur. Apalagi kalau anda awal awal mulai bisnis online, tidak ada reputasi, tidak ada nama brand, fast respon adalah 1 1 nya kekuatan anda dalam hal service.

Fast respon ini bentuknya ada 2, cepat balas chat dan cepat melakukan pengiriman. Saya sendiri awal awal memulai bisnis, menjadi CS kurang lebih 1 tahun. Bahkan dulu ketika naik motor di perjalanan, saya sempatkan untuk menepi dan bales chat! ini demi menjaga tingkat fast response.

Standar anda harus tinggi untuk ini. Dulu standard saya adalah maksimal 15 menit harus udah terbalas, 24 jam! ya bener 24 jam, malem malem saya tetep buka HP untuk bales chat pelanggan.

dan untuk pengiriman saran saya standarnya adalah minimal 1x sehari. Bagus kalau bisa 2x sehari, atau 3x sehari. Atau bahkan tiap ada pesanan masuk, langsung kirim!

5. kesimpulan

jadi kesimpulannya, anda mau berjualan apa saja, mulai aja dulu... Jangan takut. Jualan apa saja yang mudah anda jangkau, atau produk yang anda juga gunakan, atau produk yang memang anda sukai. Dan coba ikuti 4 tips di atas..

Tidak ada komentar:
Write komentar