Selasa, 09 Juni 2020

Harga Followers Instagram

Instagram itu mahal! Banyak orang salah kaprah, pengen belajar ngiklan di Instagram, tapi tujuannya nambah followers, padahal banyaknya followers tidak selalu sebanding dengan banyaknya penjualan.

Contohnya brand jualan baju anak MacBear, followersnya cuma 25k, setengahnya dari Instagram bisnis saya (Bajuyuli), tapi penjualannya, MacBear kurang lebih 5x lipat dari penjualan kami! luar biasa.. banyak juga contoh lain.. Tapi memang pada umumnya, followers banyak, penjualan juga banyak.

Sampai tulisan ini ditulis, akun Instagram Bajuyuli itu sudah berusia kurang lebih 5 tahun, dan followersnya 65k. Berapa biaya yang saya keluarkan untuk mendapatkan jumlah followers segitu? ini rinciannya:

harga instagram ads
harga instagram ads


total iklan yang terecord di FB ads: 300jt-an
gaji 2 orang creative selama = 60jt/tahun

Total = 300jt + 60jt*5 = 600jt
maka harga per 1 followers = +- 9300 rupiah / followers

catatan angka itu sangat kasar sekali, karena
1. akun FBads saya sempat migrasi, dan data yang lama tidak ikut termigrasi
2. belum termasuk biaya endorsement, biaya pay promote yang tidak melalui FB Ads
3. Staff creative sy yang fluktuatif di angka 2-3 orang

itu biaya yang dikeluarkan untuk sebuah akun yang followersnya cuma 65k! coba bayangkan akun yang followersnya sudah ratusan ribu? berjuta juta? besar sekali biaya yang dikeluarkan..

mungkin anda berpikir, ga perlu beriklan untuk mendapatkan followers banyak? hmmm... jujur saja saya belum pernah menemukan akun online shop yang followersnya banyak tanpa mengeluarkan biaya banyak juga. Beda halnya kalau dengan akun personal ya, kalau akun personal masih bisa terjadi kalau dia berhasil membuat konten viral, tapi itu rasionya sangat sangat kecil sekali...

Uraian di atas harusnya udah cukup menjelaskan kalau penambahan followers itu bukanlah yang utama, atau bahkan justru ga penting.

Yang utama adalah penjualan. Alhamdulillah dengan biaya yang kami keluarkan segitu besar, kami masih bisa bertahan sampai sekarang, berarti ya profit kami melebihi dari angka tersebut.

Pola pikir yang tepat harusnya adalah followers Instagram itu hanyalah side effect dari berkembangnya brand kita.


Tidak ada komentar:
Write komentar