Selasa, 26 Mei 2020

Tingkat Repeat Order Jualan Baju

Tadi malam saya baru saja ngulik ngulik data bisnis saya Bajuyuli, dan menemukan fakta menarik tentang repeat order. Ternyata tingkat repeat order bisnis saya tersebut semenjak pertam kali buka adalah ±25%, yang bisa diartikan setiap ada 4 orang yang belanja ke toko saya, 1 orang akan beli kembali di kemudian hari. wow!

tingkat repeat order jualan online gamis anak
tingkat repeat order jualan online gamis anak

Lalu saya berkaca ke diri saya pribadi sebagai konsumen, iya juga sih, saya kalau udah nemu toko pakaian yang udah cocok dengan saya, kedepannya pasti balik lagi. Meskipun saya dalam setahun paling beli pakaian itu 2-3x saja.

Analisa saya, ini terjadi karena sekarang brand pakaian itu sudah bertebaran di mana mana, sangat banyak sekali. Jadi orang malas untuk mencari cari brand baru, kalau ketemu yang udah cocok, pasti akan jadi referensi untuk pembelian berikutnya.

Tapi tunggu dulu, itu baru analisa saya pribadi, saya harus benchmarking alias lihat brand lain. Mencoba googling gooling singkat, ketemulah website berbahsa Inggris yang menyebutkan bahwa repeat order di produk Apparel itu 28%.. Wah ternyata Bajuyuli di bawah standar.
Tingkat repeat order jualan aparel
Tingkat repeat order jualan aparel

Meski di bawah standar, jujur saya cukup puas dengan tingkat repeat order bisnis saya itu.

Karena sudah tau dari 4 customer yang belanja, 1 akan balik lagi. Maka ada beberapa hal yang harus kami lakukan:

Jangan pernah anggap remeh 1 customer pun

Menganggap remeh customer sering terjadi di dunia online, beberapa kali saya menemukan online shop yang mengancam memblokir calon customer nya gara gara bid n run. waduh ngeri banget ya, padahal kan ga semua orang yang bid n run itu jahat loh, malahan sebagian besarnya menurut saya kasus bid n run itu bukan karena niat jahat, tapi karena miss-management dari si diri customer, misal: lupa ternyata ada kewajiban lain, uang terpakai kebutuhan yang lebih mendesak, mendapatkan barang yang lebih baik, dst.
Baca: https://www.garoblogz.com/2020/05/online-shop-professional-amatir.html

Berikan bonus untuk pembelian selanjutnya

Ini efektif banget untuk meningkatkan tingkat repeat order. Yang sudah kami lakukan adalah memberikan diskon 10% untuk pembelian selanjutnya dengan syarat upload foto produk kami yang sedang dipakai di Instagram. Awal memberlakukan ini cukup efektif, tapi makin ke sini makin sedikit orang yang mau upload di Instagram, ini PR besar buat kami. Anda patut mencoba cara ini.

Berikan bonus di setiap paket

Di setiap pembelian produk Bajuyuli, kami menyelipkan stiker hadits atau kata kata mutiara dari Al-Quran, ini efektif sekali untuk "melekatkan" brand kita di benak customer. Yang namanya stiker kan tertempel lama ya? harapannya orang yang menempel itu suatu saat mebaca stiker, dan teringkat kembali ke brand kami, lalu belanja lagi deh. Se-sederhana itu loh.

Tapi jujur saja stiker ini cukup mahal, 1 stiker yang kami kirimkan ke customer itu harga produksinya kurang lebih 2500 rupiah. Jauh lebih mahal ketimbang hangtag merk yang tertempel di baju yang harganya hanya 100-an rupiah/ pcs

==

Sejauh mana tingkat repeat order bisnis anda?

Tidak ada komentar:
Write komentar