Jumat, 08 Mei 2020

Pentingkah Email Marketing?

Saya melihat email marketing itu udah ga penting di zaman sekarang. Conversinya rendah sekali, saya pribadi pun tidak pernah sekali pun tergoda mengeluarkan uang dari email marketing. Berikut alasan saya kenapa email marketing itu ga efektif.

ilustrasi email marketing
ilustrasi email marketing


Penetrasi pengguna internet tidak menggunakan email

Saya punya email itu dari awal awal kenal internet, kala itu kalau ga punya email berarti belum kenal internet. Logikanya simple, email adalah ID anda saat berselancar di internet, bisa daftar ini itu, kirim pesan ini itu, dst...

Yang menarik dan membingungkan, semakin meluasnya internet justru penggunaan email semakin terkesan tidak penting. User user baru tidak merasa punya email, karena sekarang untuk daftar Shopee, daftar FB, daftar IG, ga perlu pakai email! cukup no HP!

Teknologi semakin memanjakan orang orang yang sangat awam sehingga tidak memiliki email, tapi bisa akses SMS/WA.

Dari teori itu kita bisa bagi 2 pengguna internet, pengguna advance dan pengguna newbie. Coba tebak pasar yang paling besar di dunia online shop yang mana? pengguna newbie! ya betul. Kampanye gratis ongkir membuktikan bahwa yang mau belanja online itu terkendala ongkir yang mahal dari supplier (mostly pulau jawa), artinya mereka konsumen di daerah, yang kemungkinan besar merupakan pengguna internet newbie!

Email untuk hal formal

Karena pengguna inernet sudah terbagi 2 seperti yang saya sebutkan di poin pertama, alhasil citra email makin ke sini hanya untuk hal hal formal saja.

bahkan dari kalangan pengguna newbie yang tiba tiba beralih jadi punya email, pasti karena dipaksan oleh kantornya atau dipaksa oleh sekolahnya. Dimana sekolah dan kantor itu adalah lembaga formal.

Maka dengan sendirinya email = formal, SMS/WA = non formal. Padahal dari fungsi dan fitur keduanya nyaris sama

Yang pakai email = anti iklan

Ini telak banget sih, menurut saya semua yang mengelola email dengan baik, itu orangnya adalah orang yang anti iklan. Yang memang sehari hari berselancar di internet, dan sudah dewasa untuk dalam menkonsumsi iklan, alias tidak mudah tergoda oleh iklan.

Ini ditambah parah ke orang yang tidak pandai mengelola emial (terlalu banya unread email, anda salah satunya?), orang seperti ini hanya buka email ketika dipinta temannya buka email, atau ketika dipinta atasannya buka email. Maka email yang dari antah berantah ga akan pernah dibaca oleh orang seperti ini.

==

Jadi buat anda yang baru mulai bisnis, mending kesampingkan dulu untuk melakukan email marketing. Mau ngumpulin database dulu boleh2 saja, tapi kalau ini menghabiskan energi dan sumberdaya anda mending tidak usah sekalian.


Tidak ada komentar:
Write komentar