Sabtu, 09 Mei 2020

Pencatatan Bisnis Online

Sebenernya semua bisnis itu wajib melakukan mencatat, dalam segala aspek! semakin banyak anda mencatat kejadian kejadian dalam bisnis anda, semakin baik.

Karena saya berpengalamannya dalam bisnis online, maka di sini saya akan hal hal penting yang harus dicatat saat berbisnis online. Saya bagi 2, yaitu yang manual, dan yang otomatis. Yang manual itu kita harus mencatat sendiri, yang otomatis itu udah disediakan langsung oleh platform.

Berikut hal hal penting yang harus dicatat untuk bisnis online

Manual: Neraca Keuangan

Ini hal yang paling utama kalau mau bisnis. harus biasa mencatat pemasukan dan pengeluaran. Jangan ambil pusing! ga perlu lihat format neraca di internet juga gpp! buat sesuai dengan keinginan anda sesimple mungkin.

Ingat inti pencatatan ini hanya mencatat uang keluar dan uang masuk.

Manual: Data penjualan

Data penjualan yang dimaksud khususnya untuk barang yang terjual. Misalkan hari ini terjual brp pcs barang A? barang B? barang C? kemarin? dst dst.. Ini penting sekali, kalau anda sudah mencatat ini anda bisa memperkirakan bulan depan/minggu depan anda harus beli barang apa? harus jualan apa untuk difokuskan?

jangan hanya asalh pilih "ah kynya yang ini laku deh".. harus diperkuat dengan data ya..

Inilah bedanya pebisnis online dengan warung di pinggir jalan, warung di pinggir jalan ga tau udah menjual brp banyak roti. ga tau udah menjual brp banyak aqua botol. Sehingga mereka hanya menggunakan "feeling" aja ketika belanja barang dagangan. Padahal ini bisa diukur loh

Manual: Data pelanggan

yang namanya bisnis online kan ngirim barang ke customer, di situ pelanggan wajib ngasih Nama, no HP, Alamat. Nah ini perlu anda catat, siapa tau kedepannya butuh untuk menghubungi si customer kembali.

Atau bisa juga anda mengolah data ini sehingga anda tau customer anda itu paling banyak di kota mana sih. Kalau udah tau ini, strategi marketing bisa difokuskan di kota tersebut saja.

Otomatis: Statistik Social Media

Kalau yang udah akrab dengan Instagram for Bussiness atau Facebook Bussiness Manager, kan ada tuh data data yang ditampilkan, itu udah lengkap sekali. Anda tidak perlu mencatat manual.

Saking lengkapnya kadang saya juga bingung, mau melihat data yang mana ya yang paling memengaruhi penjualan.

Otomatis: Pageview Website

Pebisnis online zaman now jarang yang punya website, karena sudah terbuai dengan nyamannya Socmed dan "gampangnya" Marketplace. Saran saya sih anda tetep bikin website. Baca: Apakah Saya Harus Punya Website Untuk Bisnis Online?

Tarolah anda sudah punya website, pastikan sudah terkoneksi dengan Google Analytics dan Google Search Console ya.. Di situ anda bisa melihat data data SUPER DUPER PENTING tentang website anda. Tinggal pintar pintar anda aja melihat data itu mau diapain.

Otomatis: Statistik Marketplace

Sekarang marketplace juga menyediakan statistik penjualan tentang toko kita. Ini juga penting. Meski menurut saya ini belum terlalu lengkap, tapi gpp, justru ini bagus untuk newbie, karena parameternya sedikit, jadi newbie tau apa yang harus dibaca, dan apa yang harus dilakukan.

Sebagai tambahan bisa baca artikel yang ini ya: https://www.garoblogz.com/2020/02/tips-berbisnis-online-disiplin.html

Tidak ada komentar:
Write komentar