Selasa, 05 Mei 2020

Passive Income dari Youtube?

Artikel ini adalah mempertajam artikel sebelumnya yang:

Dapet uang dari Youtube?


jadi apa benar kalau jadi Youtuber bisa dapet passive income?

kita samakan persepsi dulu ya, passive income yang beredar di masyarakat adalah pendapatan TANPA MELAKUKAN apa apa sama sekali.

Jadi kalau definisi passive income adalah itu, jawaban dari pertanyaan utama adalah TIDAK. Main Youtube tidak akan memberikan anda passive income

Tapi.......

Kalau udah naik susah turun

Ini pengalaman saya bermain di dunia Blog sudah 10 taun lebih, traffic website itu kalau udah naik susah sekali turunnya. Jadi misalkan anda sudah berhasil konsisten mendatangkan 1000 view per hari selama 1 bulan, bulan-bulan selanjutnya traffic anda tidak akan kurang dari itu.. ini beneran loh..

Eh tapi asalkan konten anda adalah konten yang evergreen alias konten yang tahan lama. Bukan konten kacangan kaya berita terkini.

Youtube juga sama.. Saya punya konten evergreen yaitu tutorial tutorial HP / Aplikasi: Tutorial Milenial

Konten konten disitu sampai kapanpun orang pasti nyari, makannya view Youtube saya itu susah sekali turun, dan agak sedikit gampang naik.

Yang penting konsisten

Nyambung ke poin pertama, dengan asumsi bahwa apa yang kita dapet di Youtube itu akan susah turunnya. Maka yang penting itu adalah presistensi, alias stamina anda menggarap Youtube.

Buatlah konten yang konsisten.. Mau tiap hari kek, 2 hari sekali, 3 hari sekali, yang penting konsisten. Jangan berharap hasil langsung tinggi dalam 1 malam, semua butuh proses.

Kalau senang, pekerjaan tidak terasa

Mungkin ini yang beredar di masyarakat dan kurang dicerdaskan. Mungkin masyarakat melihat Youtuber Youtuber itu bikin video ga jelas, seneng seneng doang, sambil main game, dan dapet duit! ya itu memang betul! tapi di balik itu mereka harus mikirin kontennya, mereka harus editing, mereka harus usaha extra untuk bisa menelurkan setiap videonya..

Tapi.... kalau si Youtuber itu memang melakukannya karena hobi dan sukarela, makannya mereka melakukan semua itu dengan ikhlas.. jadi dengan usaha yang ikhlas, mendapatkan penghasilan, jadinya seperti passive income

kesimpulan

Jadi kesimpulan saya, jika anda oang awam di internet dan hanya kepingin dapet duit di Youtube, mending jangan deh, urungkan dulu niatnya. Kecuali kalau anda dari dulu terkenal tekun, ngulik, dan bisa konsisten! silahkan nyemplung di Youtube.

Tidak ada komentar:
Write komentar