Senin, 18 Mei 2020

Beda Pemasaran Luring dengan Bisnis Online?

Beda pemasaran luring dengan bisnis online?
Beda pemasaran luring dengan bisnis online?

Pemasaran luring maksudnya adalah pemasaran luar jaringan, atau marketing offline, atau pemasran offline. Jujur saya agak bingung dengan pertanyaannya. Membedeakan antara marketing offline dengan bisnis online? atau maksudnya membedakan bisnis offline dengan bisnis online?

Supaya bisa menjawab kemungkinan kemungkinan di atas, berikut saya jabarkan definisi beserta contoh untuk aktivitas aktivitas tersebut.

Pemasaran Offline

Dari kata kata sudah jelas, artinya pemasaran yang tidak melalui media online. Contohnya seperti banner, stiker, pamplet, dst.

Tapi di jaman sekarang, media pemasaran offline pasti tercantum website/alamat online dari si bisnis tersebut. Jadi apakah ini masih bisa disebut pemasaran offline? ya tentu masih, hanya saja ekskalasi selanjutnya adalah pemasaran online.

Saat orang melihat banner/pamplet/baligo suatu iklan, ini masih dalam ranah pemasaran offline, setelah mereka penasaran dan mengunjungi website iklan tersebut, ini sudah masuk pemasaran online.

Pemasaran Online

Ini seakan akan kebalikan dari pemasaran offline, padahal offline dan online itu bukan saling bertolak belakang namun saling melengkapi.

Tapi yang membuat sangat sangat beda antara pemasaran online dan pemasaran offline adalah biaya dan akses. Sekarang siapa saja bisa beriklan di media online dengan modal yang kecil, sedangkan media offline? mahal, harus cetak ini itu lah, harus perizinan ini itu, dst dst.

Bisnis Offline & Bisnis Online

Makin ke sini hampir tidak ada bedanya lagi bisnis offline dan bisnis online. Mungkin beberapa tahun lalu di awal 2000-an, bisnis offline dan online itu adalah 2hal yang berbeda dan bertolak belakang. namun kini? Ojek aja dionline-in, ya ga? makanan juga bisa pesan lewat online. Jadi memang offline dan online itu hanya media saja, dan bisnis tetaplah bisnis.

Yang jadi masalah adalah sumber daya manusianya. karena online itu lekat dengan perubahan teknologi dan perilaku manusia, jika orang yang biasa berbisnis offline jaman dulu dan ditantang untuk membuka chanel online, dibutuhkan kemampuan "mau belajar" dan "mau adaptasi". Sungguh sangat sayang, kemampuan mau belajar dan mau adaptasi itu langka sekali sekarang. Contohnya berapa banyak bisnis "kolot" yang mati di jaman sekarang? Toko buku? toko kaset musik? taxi pinggir jalan?

ya sekian saja mudah2an membantu

Tidak ada komentar:
Write komentar