Jumat, 22 Mei 2020

Bagaimana memulai bisnis?

Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan ke saya, dan maaf saja yang sering nanya ke saya itu orang yang tekadnya belum "bulat" untuk mulai bisnis. Keseringan sih karena tau seneng senengnya aja sebagai pebisnis. Tapi sebenarnya jadi pebisnis itu berat sekali, jauh lebih berat ketimbang jadi karyawan, baca: https://www.garoblogz.com/2020/01/wirausaha-itu-punya-waktu-fleksibel.html

Baru hari ini saya tau jawaban yang tepat dan singkat untuk menjawab pertanyaan seperti ini. Kedepannya jika ada yang nanya lagi ke saya tentang ini, akan saya jawab dengan:

Seberapa sering anda baca buku?

Penting sekali sebagai pebisnis untuk baca buku, ini untuk melatih keingin tahuan, melatih untuk terus menerus belajar. Saya pribadi sudah sekitar 1 tahun ini selalu konsisten baca buku setiap hari, target 2020 ini saya baca buku 100 halaman per hari, dan baru bolong sekitar 2-3 hari, itu karena sakit.

Jadi kalau anda belum ada minat untuk baca buku, jangan deh coba coba untuk bisnis.

Semua pesbisnis itu baca buku! Bill Gates aja yang kaya ga ketulungan, yang hanya fokus ke kegiatan amal saat ini, baca buku tiap hari. bagaimana dengan anda?

Saya bisa pastikan orang yang sering baca buku (meski buku novel/cerita fiktif) adalah orang orang yang haus akan ilmu. Dalam bisnis, jika kita tidak haus akan ilmu sama ajan bohong. Karena dunia bisnis itu berubah sangat cepat, apalagi di zaman now, dimana bisnis raksasa berguguran satu demi satu, dan harga tenaga kerja SEMAKIN MAHAL.

Saya menyarankan memulai dengan buku buku tentang self help, lalu baru tentang bisnis. Self help akan membantu anda menjadi seseorang yang disiplin dan efektif, ini penting sekali untuk menjadi pebisnis.

Buku apa yang harus dibaca? anda bisa cek blog saya tentang review semua buku yang saya baca di sini:  https://www.garoblogz.com/search/label/Review%20Buku

Tidak ada komentar:
Write komentar