Sabtu, 11 April 2020

Syarat Utama Bisnis Jasa

Ilmu ini saya dapetin waktu kuliah di MBA ITB (baca: Pengalaman Kuliah S2 MBA ITB Jurusan CCE Entrepreneur), simple tapi bener banget loh.

Pertama kita samakan dulu definisinya ya. Pedagang jasa adalah orang yang dibayarkan berdasarkan jasa yang dia lakukan, contoh: kontraktor, tukang jahit, konveksi, catering, dst..

Untuk jadi pedagang jasa itu ada prinsip atau syarat utama. Syaratnya ada 3, dan kalau mau jadi sukses berdagang cukup bisa memanuhi 2 dari syarat tersebut. Syaratnya adalah:

1. KUALITAS BAGUS
2. TEPAT WAKTU
3. ATTITUDE BAGUS

sekarang kita analisis kombinasi 2 dari 3 syarat di atas.

Kualitas bagus dan tepat waktu?
Bayangkan anda pesan sesuatu ke vendor, kualitasnya bagus dan tepat waktu sesuai harpan. Seneng banget kan? tapi vendor itu judes, apakah mengurangi rasa puas anda? saya rasa tidak. Saya sih seringnya bakal bilang dalam hati: "biarin lah dia mau judes kek, mau kurang ajar kek, asal barang ini udah di saya kualitas bagus dan on time"

Kualitas bagus dan attitude bagus?
Jujur saja, dalam dunia jasa tepat waktu itu adalah sesuatu yang MAHAL. Sepengalaman saya, jarang sekali saya menemukan vendor yang tepat waktu. Apalagi vendor bangunan, selaluuuu ngaret....

Nah ok sekarang kita dapetin vendor kita ngaret, tapi hasilnya bagus, dan sikap dia ke kita juga bagus. Sikap yang bagus itu misalkan selalu mengatakan apa adanya tentang progress pekerjaan, selalu terbuka, selalu fast respon, dan lain sebagainya. Saya yakin anda pasti akan mengalah soal waktu kalau terjadi seperti ini

Tepat waktu dan attitude bagus?
Sebenernya kombinasi ini kurang ok kalau tidak ada tambahan: asalkan kualitas TIDAK jelek jelek amat.

Sebagai contoh anda mau menikah, dan memesan baju pengantin. Sang vendor sangat dekat dengan anda, mudah dihubungi, fast respon, selalu report jika ada kendala, ga banyak minta dan seterusnya. Ketika barang jadi on time, ehh hasilnya di bawah standar anda. anda marah ga kira2? saya rasa tidak akan.

Beda halnya kalau sang vendor ga ada kabar, cuek2 aja, eh tau tau barang datang dan jelek. pasti anda marah besar, dan kesal sekali.

==

Syara jadi pedagang jasa ini penting sekali kalau temen temen mau mulai usaha konveksi, konstruksi, web developer, apps developer, software house dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:
Write komentar