Sabtu, 18 April 2020

Jangan mudah puas

Bisnis saya yang Bajuyuli sedang jalan tahun ke-5, jujur saja masa keemasan kami adalah tahun ke-2, itu adalah omset tertinggi yang pernah kami dapatkan.. dan makin ke sini ternyata saya baru sadari omset kami makin turun dan makin turun, padahal karyawna makin bertambah.. aneh kan?

Setelah merenung semalaman, dan sedang baca buku Zero to One, saya jadi bersemangat lagi mengulang ke-gemilangan di tahun ke-2 kami.. Ternyata dari tahun ke-3 sampai tahun ke-5 ini saya terlalu lalai dengan marketing kami. terlalu terbuai. terlalu menganggap remeh. akibatnya parameter paling sederhana adalah pageview website kami trend nya negatif alias menurun...

Saya terlalu sombong untuk tidak ngulik lagi marketing marketing yang relevan di tahun ke-5 ini... di tahun ke-3 s.d. 5 saya terlalu fokus ke operation. apakah ini salah? belum tentu.. karena operation juga sangat penting, opetation adalah backbone dari suatu bisnis..

Jadi ibaratnya 3 tahun kebelakang kami mempersiapkan untuk menhadapi omset yang berlipat lipat, tapi tidak dibarengi dengan pencarian pasar yang berlipat lipat juga. Hasilnya kami hanya seperti SINGA kuat yang tidak punya hewan buruan..

Jadi sekarang saya mau ngulik2 lagi soal SEO, soal backlink, soal social media, dst.. Jujur aja ada sisi trauma yang saya dapatkan ketika ngulik2 hal tersebut, apa coba? karena semua usaha yang dilakukan utk hal2 itu hasilnya ga instan! jadi kita ga bisa cek keberhasilan kita dalam waktu dekat. Perlu waktu setidaknya 1-2 bulan untuk membuktikan praktek SEO kita tepat, perlu waktu sekitar 3 bulan untuk membuat backlink yang berkualitas, perlu waktu sekitar 1 bulanan untuk membuat Socmed kita efektifk ke penjualan.. susah menarik dan menantang.

Inti dari saya nulis ini adalah, jangan mudah puas dengan apa yang kita dapat. Jujur saja di tahun ke-2 bisnis saya, saya sangat puas dan sangat sombong, dengan berkata: "wah kita udah dapet pasar nih, ga mungkin lah turun!" ini ternyata SALAH BESAR.

Marketing itu sangat penting untuk awal awal bisnis, operation sangat penting kalau pasar sudah terbentuk, tapi jangan sampai melupakan marketing sampai kapanpun!

Tidak ada komentar:
Write komentar