Sabtu, 04 April 2020

Dapet uang dari Youtube?

Bisa banget! per artikel ini ditulis, Dunia sedang mengalami bencana pandemic CORONA COVID19, dimana sangat dianjurkan oleh seluruh pemerintahan negara negara untuk kerja di rumah.

Penghasilan utama saya adalah dari bisnis online jualan baju dengan brand Bajuyuli dan Muslimore, gara gara kasus pandemic ini saya harus putar otak giman caranya dapetin duit dengan cara lain. Salah satunya dengan main Youtube atau main adsense..

Sebenernya saya udah lama main adsense sebagai blogger (baca: 5 Tahun Main Adsense), sekarang saya mau fokus Youtube saja. kenapa?

Traffic Youtube itu tinggi sekali

orang Indonesia lebih suka nonton daripada baca, iya gitu? tanya aja diri sendiri. Tapi saya rasa ini bukan orang Indonesia aja, tapi seluruh dunia. Karena video itu lebih interaktif ketimbang baca. Buktinya anda baca artikel ini aja lumayan bosen kan? bedakan kalau anda nonton video orang yang menarasikan tulisan ini, mungkin lebih menarik. Jadi wajar saja traffic Youtube itu besar sekali melebih blog di manapun.

Bikin video relatif lebih mudah ketimbang nulis blog

Kalau saya, berusaha sekuat tenaga untuk minimalisir editing. Makannya menurut saya bikin video jauh lebih mudah daripada bikin tulisa. Saya tidak terlalu mementingkan seni videography, sehingga editing pun (jika perlu) hanya se-alakadarnya saja. Selain itu, pada umumnya orang itu lebih suka ngomong daripada nulis. iya ga? karena nulis butuh berpikir ekstra ketimbang ngomong.

Saya ngebangun beberapa channel Youtube:
Tutorial Milenial --> sudah bisa dapat duit
Review Milenial --> masih terus digarap
Ghani Rozaqi --> lagi dipertimbangkan lanjut atau tidak, karena jika sukses pun penghasilannya pasti sedikit
GR Tips --> ini juga sama, asalnya saya mau konsisten bikin video tiap hari, sekalian latihan bahasa Inggris, tapi sedang saya pertimbangkan ulang

kenapa yang channel Ghani Rozaqi dan GR Tips lagi dipertimbangkan?

karena untuk channel tips bisnis dan atau channel tips Excel/Google Sheet, peminatnya tidak sebanyak yang lain, dan advertiser (yang ngiklan di Youtube) juga terbatas hanya seputar itu. Bandingkan jika ada 2 perusahaan, 1 perusahaan HP dan 1 lg perusahaan training Excel, 2 2 nya beriklan di Youtube. Mana yang mau ngasih duit lebih ke Youtube? tentu yang perusahaan HP dong. Itu lah mengapa saya sedang mempertimbangkan untuk tidak melanjutkan kedua channel saya tersebut, padahal saya sudah berhasil posting 1 video per hari setidaknya dalam 30 hari ke belakang.

Berapa penghasil per bulan yang bisa didapat?

ini bisa bervariatif, tergantung nieche, atau tema dari video anda. Praduga saya, penghasilan terbesar adalah channel review, karena yang ngiklan di channel itu seperti Iphone, Samsung, Oppo, Xiaomi dan lain sebagainya. Dimana mereka sedang kuat kuatan biaya marketing.

Kalau saya sendiri, alhamdulillah per 5 tahun saya main adsense ini, saya bisa dapat sekitar 3jt per bulan.

Tidak ada komentar:
Write komentar