Rabu, 18 Maret 2020

Presentasi Gaji terhadap Omset Online Shop Fashion

Gaji karyawan itu penting sekali, harus terukur dan harus terbayarkan setiap bulannya. Baru 1 tahun ini gaji karyawan saya semuanya bulanan, sebelumnya "borongan" alias dibayar tergantung produktivitas (contoh: 1000 rupiah per pengiriman paket).

Kenapa saya rubah gaji yang tadinya variable cost jadi fix cost, karena waktu itu banyak saran kalau fix cost itu lebih terukut ketimbang varibale cost. Tapi belakangan setelah saya baca buku Lean Startup dan Disruption, kedua buku itu justru menyarankan kurang fix cost, dan beralih ke variable cost. Wallahualam apakah saya akan balik lagi mengganti gaji jadi variable cost atau fix cost, saya mau baca situasi dulu.

Ok balik lagi ke judul, berapa sih presentase gaji terhadap omset? nah ini sebenernya tergantung bisnis model anda. Menurut sumber2 dari teman saya, jika bisnis anda adalah jasa/konsultan, proporsi gaji itu 60~65% dari omset, dan kalau ritel proporsi gaji itu 10~15% dari omset.

Saya berjualan baju muslim di Bajuyuli dan Muslimore menyasar pasar red ocean, alias menangah kebawah, dimana "perang harga" akan sangat memengaruhi kinerja penjualan. Saya men-set, profit kotor suatu produk itu +35% dari HPP-nya. apakah ini kekecilan atau kegedean? tergantung...

Banyak sekali online shop, yang men-set profit kotor mereka 20% dari omset! gila! tipis banget! tapi banyak juga yang menyarankan kalau bisnis fashion itu minimal profit kita 100%, gila gede banget! hehe

Nah saya sendiri, pengalaman selama ini, gaji itu berkisar antar 15-18% dari omset. Sekarang saya lagi putar otak gimana caranya biar ini bisa keteken sampai kurang dari 15%. dari 35% profit kotor, 15% sudah terpakai gaji, sisanya 20% dibagi bagi ke operasional harian, sewa, marketing, dlsb. Sehingga profit bersih kami itu tiap bulan hanya kurang dari 5% saja.. bahkan seringnya sih merugi, karena saya terus menerus "retain earning", dalam artian setiap profit yang kami dapat saya putarkan lagi ke operasional perusahaan. Baru nanti ketika lebaran, saya ambil untung.

semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar