Senin, 09 Maret 2020

Perbedaan Facebook Ads dan Google Ads

silahkan tonton versi videonya:

Facebook ads dan Google ads adalah senjata wajib buat siapa aja yang mau bisnis di zaman now. Nah berikut perbedaannya keduanya dari pengalaman saya

Platform Iklan

Facebook ads: Instagram feed, Instagram story, Facebook feed, Facebook story
Google ads: Google search, Youtube, Gmail, website/blog

platform iklan itu maksudnya dimana iklan kita akan ditampilkan. Jadi ga mungkin anda membayar Facebook untuk menampilkan iklan di Youtube, dst dst.

Target Iklan

Facebook ads: orang yang bersosial media / mencari informasi temannya
Google ads: orang yang mencari

Ini fundamental sekali, secara umu, target dari kedua iklan ini sangat berbeda. Orang yang lagi buka Instagram, kemungkinan besar buka IG untuk lihat teman temannya, lalu masuk iklan yang berusaha membuat dirinya berbelanja. Usaha ini lebih susah dibandingkan dengan orang yang mencari "baju muslim anak" di Google Search, lalu muncul iklan terkait, lalu orang ini berbelanja.

Jenis iklan

Facebook ads: image, video
Google ads: image, video, text

Letak perbedaannya hanya di format text. Iklan format text itu yang kita temui di Google Search. Dia hanya text beserta link saja, tanpa gambar apalagi video.

Secara umum

Facebook ads: untuk Branding
Google ads: untuk penjualan

Secara umum, dan menurut pengalaman saya, ngiklan di FB atau IG itu ga ada convert langsung ke penjualan jangka pendek, maka saya berani bilang kalau beriklan di FB dan atau IG adalah untuk branding brand kita suapaya lebih melekat ke audience kita.

Sedangkan di Google Ads, orang sedang mencari barang melalui Google. Muncul iklan yang terkait dengan barang yang sedang dia cari, dia pun akan lebih mudah untuk beli melalui iklan tersebut ketimbang orang yang jalan jalan di Facebook atau Instagram. Jadi kesimpulan saya Google Ads untuk penjualan jangka pendek

==
semoga bermanfaat, saya bisa salah tolong koreksi saya di kolom komentar ya


Tidak ada komentar:
Write komentar