Jumat, 13 Maret 2020

Jangan Sembarangan Tulis Judul Produk di Markeplace

Untuk versi video silahkan tonton video ini:

Upload produk di Marketplace seperti Shopee Tokopedia dan Lazada ada teknik tekniknya, jadi jangan asal ya. Artikel ini hanya bahas soal judul yang baik dan terbukti (setidaknya oleh saya sendiri) bikin jualan laris. Insya Allah tips selanjutnya akan saya tulis juga.

Jika kita upload produk di Matketplace, HANYA judul saja yang menjadi sasaran search engine. Jadi misalkan anda menulis judul yang mengandung kata GAMIS, ini ada kemungkinan muncul di search engine Marketplace ataupun Google. Meskipun di deskripsi produk, atau di keterangan keterangan lain tidak tertulis kata GAMIS. Begitu juga sebaliknya, jika anda berjualan gamis, tapi di judul produk anda tidak menuliskan kata gamis sama sekali, dijamin ini tidak akan muncul di hasil pencarian search engine marketplace page berapapun, meskipun di deskripsi produk tertulis banyak kata gamis. Nah ini lah mengapa judul produk atau nama produk ketika upload produk di Marketplace itu sangat penting sekali.

Ikuti rumus ini

Pada umumnya ada rumus untuk menuliskan judul produk di Marketplace, rumusnya adalah

BRAND - NAMA PRODUK - VARIAN

contoh

Bajuyuli - Gamis Anak Perempuan Bahan Jersey - Hitam
Bajuyuli = Barand
Gamis anak perempuan bahan jersey = Nama produk / deskripsi singkat produk
Hitam = variannya

Xiaomi - Jam Tangan Smartwatch Amazfi Bip - Strap Karet
Xiamo = Brand
Jam tangan smartwatch Amazfi Bip = Nama produk
Strap Karet = varian

dengan rumus demikian memungkinkan beberapa produk dengan judul produ yang mirip hanya berbeda varian di belakangnya saja, contoh:

Bajuyuli - Gamis Anak Perempuan Bahan Jersey - Hitam
Bajuyuli - Gamis Anak Perempuan Bahan Jersey - Putih
Bajuyuli - Gamis Anak Perempuan Bahan Jersey - Hijau

dan jika kita mau mengikuti rumus ini, maka tiap varian produk harus diupload berbeda. ini efektif sekali sehingga anda memiliki banyak page, yang memberi  kemungkinan lebih besar buat produk anda tampil di search engine ketimbang hanya 1 produk saja.

Maximalkan huruf / character

Setau saya Tokopedia itu membatasi judul produk hanya 70 character, Shopee hanya 120 character, Lazada 100 character --> silahkan kroscek, saya ga ingat pasti.

Nah saran saya, maximal character tersebut harus dimanfaatkan betul betul. Gunakan semuanya dengan kata kata yang memang related dengan produk anda, lebih bagus lagi ditambahkan buying keyword seperti: murah, terbaru, terlaris, cantik, modern, dst.

Gunakan Capital Each Word

Sebenernya ini sy ga tau efektif atau ngga. Cuman secara kaidah berbahasa, judul itu huruf pertamanya harus huruf besar kecuali kata sambung. Jadi saran saya ikutilah kadiah berbasahsa ini , silahkan googling sendiri cara penulisan judul yang sesuai dengan EYD.

Meskipun menurut kita ini sih ga ngaruh, tapi kita terbuasa melihat judul yang CAPITAL EACH WORDS

==

Sekian saja tips ini, mudah2an bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar