Rabu, 25 Maret 2020

Baru Mulai Bisnis Langsung Punya Karyawan?

Ini pasti sering ditanyakan buat siapapun yang mau mulai bisnis, untuk versi video bisa tonton video ini:

Ide nulis artikel ini bermula dari saya sering melihat, bisnis baru khususnya cafe kekinian, baru buka 1 bulan, tapi sudah punya 2-3 karyawan. Dan saya sering "mergoki" ownernya malah ongkang ongkang kaki aja di meja cafe tersebut.. apakah salah? ga juga sih, tapi sepengelaman saya ini tidak baik untuk memulai bisnis pertama kali. Kecuali memang anda mau buang buang uang, atau punya modal yang tidak terbatas.

Jika anda berpikiran untuk berhenti bekerja dan mau memulai bisnis, tolong pertimbangkan memiliki karyawan jangan banyak banyak. kenapa?

Mendidik anda jadi malas

Siapapun pebisnis sukses, pasti pernah mengalami dari bawah. Pernah mengalami terjun teknis di lapangan mengenai bisnisnya. Ini penting sekali, karena anda jadi tahu apa sih yang customer butuhkan? ada masalah apa sih di bisnis anda sebenernya? merasakan apa yang karyawan rasakan.. dan masih banyak lagi..

Jika anda baru buka bisnis, lalu memiliki banyak karyawan. Anda jadi "ga ada kerjaan", anda hanya melihat saja, tanpa merasakan. Yang merasakan karyawan, dan tidak semua karyawan bisa mengungkapkan ada masalah apa saja sih sebenernya di bisnis anda itu.

Sebagai contoh, untuk karyawan cafe kekinian yang saya sebutkan di atas. Jika anda hanya diam melototin aja, anda tidak akan tahu kendala apa di mesin kopi yang anda punya, sehingga lama kelamaan mesin kopi itu bisa rusak, dan membuat anda mengeluarkan biaya besar. Dan masih banyak lagi kasus lainnya.

Menurut saya, baiknya jika anda baru memulai bisnis, karyawan cukup 1 saja. Dan anda berada di dekat karyawan tersebut, untuk sama sama merasakan. Jadi anda terjun teknis iya, mikirin strategis juga iya. Karena perpaduan teknis dan strategis adalah solusi baik untuk kelangsungan bisnis anda.

Karyawan itu cost

Baru mulai bisnis apa yakin anda langsung sukses? oh ini resiko besar. apalagi kalau punya banyak karyawan, jika bisnis anda tidak berhasil, anda tidak mampu bayar karyawan, bagaimana nasib karyawan dan keluarganya? jadi minimalisir karyawan, saran saya maksimal 1 orang saja untuk awal awal.

Namun jangan juga anda terjebak menjadi bisnis "self-employee" yang tidak berani mencari karyawan, sehingga bisnis tersebut gitu gitu aja. Contohnya adalah: tukang tambal ban, dokter praktek, toko bangunan, rumah makan padang.

Bisnis bisnis yang saya sebutkan itu, pada umumnya memiliki karyawan yang sangat minimalis, ownernya seringkali terjun ke lapangan, meskipun sudah berbisnis bertahun tahun. Harusnya kalau sudah bertahun tahun, suatu bisnis itu harus AUTOPILOT, alias tidak ada OWNER dalam jalur komando. Sehingga bisnis itu berkembang terus, dan anda sebagai owner bisa memikirkan hal hal lain yang lebih penting, atau ekspansi ke bisnis lainnya. Baca: [Review Buku] The 4-Hour Work Week

Tidak ada komentar:
Write komentar