Sabtu, 28 Maret 2020

5 Tahun Main Adsense

Per artikel ini ditulis, Blog ini udah berusia kurang lebih 5 tahun, cita cita saya dari dulu adalah bisa dapet duit dari nulis blog, duitnya dari mana? dari iklan yang terpasang melalui partnership dengan Google Adsense.

Jujur saja "main" adsense itu perih sekali, 5 tahun saya udah main, baru 5 bulan ke belakang ini saya bisa gajian konsisten tiap bulan. Buat yang belum tau, jadi AdSense itu baru bisa gajian kalau bayaran kita udah mencapai $100 dolar, jika belum, akan diakumulasikan terus sampai bisa mencapai $100.

pendapatan Adsense saat baru memulai
pendapatan Adsense saat baru memulai


Sebenernya saya ngeblog udah dari 7 tahun lalu kayanya, dimulai dari bikin bikin thread di Kaskus, lalu bikin wordpress (sakadangotek.wordpress.com) lalu bikin blog ini, lalu bikin banyak website sampah, sampai akhirnya main Youtube dengan beberapa channel: Tutorial Milenial, Review Milenial, Bajuyuli, Ghani Rozaqi.

Perjalanan ini panjang sekali, sampai sempat ngemodal punya 2 karyawan untuk bikin konten website dan konten Youtube. Bayangkan dari 5 tahun main Adsense, saya harus menunggu kurang lebih 4.5 tahun untuk bisa dapet gajian rutin. Dan semua hasil ini belum "nutup"! waktu itu aja karyawan saya 2 orang itu bertahan setahun sampai saya pindahkan ke divisi lain di bisnis saya, tarolah gaji mereka itu 2jt/bulan, maka biaya yang saya keluarkan untuk biaya gaji saja adalah 2 x 2.5 x 12 bulan = 60 juta! dan berapa yang saya dapatkan dari adsense sampai saat ini totalnya? kurang lebih 20 juta! masih rugi 40 juta!

gajian rutin dari Adsense kalau sudah mencapai minimal $100 dolar per bulan
gajian rutin dari Adsense kalau sudah mencapai minimal $100 dolar per bulan


Tapi saya sangat optimis dengan Adsense saya ini, karena sepengealaman saya selama 5 tahun, pendapatan ga pernah berkurang, alias SUPER DUPER STABIL, harapan saya kedepannya ini jadi pasif income saya. Tapi perlu dicatat, bahwa konten yang saya buat adalah konten konten yang evergreen alias yang sampai kapanpun orang pasti nyari, bukan konten konten viral sesaat. Ini yang bikin saya yakin betul kalau pendapatan Adsense saya tidak akan berkurang dari waktu ke waktu.

Blog atau Youtube?
Proporsi pendapatan Adsense saya saat ini 90% Youtube dan 10% nya dari blog, karena mungkin orang Indonesia lebih senang dengan konten video dibandingkan tulisan yang harus baca. Terbukti tingkat minat baca di Indonesia kan rendah. Jadi kalau anda mau mulai main Adsense, mulai aja dari Youtube.

Dengan baca tulisan saya di atas, jangan membuat anda takut untuk bermain Adsense ya, hal yang saya alami ini adalah cerita perihnya, banyak kok di luaran sana blogger atau Youtuber yang bisa menghasilkan dalam waktu singkat.

Oya perlu diingat, bahwa main Youtube atau main blog untuk bisa dapet penghasilan Adsense itu, anda memerluka 1 skill yang namanya: KONSISTEN! ini berat. Jika anda lihat Youtuber Youtuber terkenal, mereka itu konsisten, dan dibalik video creative mereka terdapat kerja keras yang terus menerus dengan konsistensi yang baik.

Jadi... Mulailah dari Youtube dan KONSISTEN buat konten creative.

Tidak ada komentar:
Write komentar