Jumat, 14 Februari 2020

Tips Berbisnis Online: Disiplin

Sebenernya Disiplin bukan hanya dibutuhkan untuk bisnis online sih, tapi dalam bisnis offline juga, dan untuk seluruh aspek kehidupan, disiplin penting sekali sebagai penunjang kesuksesan. Ok, khusus untuk bisnis online, saya akan jabarkan beberapa poin penting dalam disiplin, menurut pengalaman saya:

Disiplin Waktu

Disiplin waktu di sini bukan hanya soal datang tepat waktu ke kantor loh ya. Tapi displin dengan target pekerjaan, disiplin dengan waktu janji, disiplin dengan diri sendiri.

Untuk disiplin tepat janji, jika ada janji jam 10:00 ya datenglah jam 10. Jika janji jam 07:35 ya datenglah jam 07:35. Saya sudah terbiasa dengan seperti ini, makannya saya akan kesal jika ada orang yang memilih waktu janjian dengan kata "-an" seperti: "jam 10-an", "jam 7-an", dst. Kan bingung, 10:59 juga kan jam 10an ya ga? Trus lagi kalau misalkan datang acara, di undangan tertulis jam 09:00, tapi acara mulai jam 09:30!! jadi mereka sengaja bikin slot waktu untuk yang telat. Skg saya kurang cocok dengan pola tersebut.

Lalu disiplin pekerjaan. Jika anda sudah set target pekerjaan anda, lakukan lah pekerjaan anda dengan displin dan konsistensi. Sebagai contoh tulisan blog ini, saya sudah set target untuk nulis 1 post per hari, saya harus displin melaksanakan itu. Skg sudah berjalan 2 bulan. Lelah, cape, kadang males juga. Tapi benefitnya banyak sekali, saya jadi terbiasa menulis, terbiasa berpikir kreatif, dan lain sebagainya. Jadi saya tekankan, jika anda sudah men-set target pekerjaan anda, misal: upload produk 10 per hari, maka laksanakan target itu. JANGAN LEBIH apalagi KURANG. ini namanya disiplin. Soal Konsisntesi insya Allah nanti saya akan bahas di post lainnya

Disiplin Mencatat

Ini yang biasanya pebisnis pemula jarang lakukan. Padahal mencatat itu penting sekali loh, mulai dari mencatat jadwal, mencatat ilmu, mencatat ide, dan yang paling utama harus di-disiplin-kan adalah mencatat pembukuan dan mencatat data bisnis.

Pembukuan bisnis ini mutlak harus dilakukan! banyak saya menemukan kasus orang jualan online, tapi merasa "duh uangnya kemana ya". Jadi selama ini dia bisnis, ga pernah nyatet uang keluar masuk, alhasil merasa bisnisnya ga untung. Nah ayo mulai sekarang catet semua pengeluaran dan pemasukan bisnis anda, tidak perlu ribet2 sesuai format akuntansi dulu, cukup dengan apa yang anda nyaman. Ingat initnya kan hanya PENGELUARAN, PEMASUKAN, KETERANGAN

Nah selain itu mencatat data bisnis juga sangat penting sekali. data bisnis yang saya masksud adalah seperti pertambahan followers harian, pageview website harian, jumlah prospek per harinya, dan lain sebagainya. Kesemua itu jika digabungkan, kita bisa melihat, mana sih yang harus kita "sasar" jika punya target omset tersentu. Selain itu, data ini juga bisa digunakan untuk melakukan peramalan penjualan periode berikutnya atau forecasting, yang insya Allah akan saya tulis di post lain.

==
Ya itu aja tips singkat dari saya, kalau bingung bisa tanya di channel Youtube sy.

Tidak ada komentar:
Write komentar