Kamis, 13 Februari 2020

Mitos Menjadi Full Time Businessman

Saya udah kurang lebih 5 tahun full-time bisnis, dan sudah 10 taun bisnis. Kalau jualan2 iseng waktu kecil disebut bisnis juga, berarti saya udah 23 tahun berbisnis. hehe.

Banyak mitos yang salah soal seorang bisnisman yang berkembang di masyarakat. Saya sering sekali mendapatkan komentar "yang salah" ketika berkenalan dengan orang baru. Ketika ditanya kerja apa, saya bilang: "pedagang", orang2 rata jawab: "wah enak dong", "banyak uang nih", "enak ya waktu fleksibel". itu semua cuma mitos! apalagi kalau bisnisnya masih kembang kempis, masih level UMKM, semua itu cuma mitos. Berikut ini beberapa mitos soal bisnis yang beredar di masyarakat:

Bisnis itu enak

Orang awam nyangkanya bisnis itu enak. Saya pastikan, bisnis itu ga enak! jauh lebih enak jadi karyawan. Karyawan waktu kerjanya fix, kami pebisnis tidak ada waktu kerja dan bahkan bisa dibilang kerjanya 24 jam. Karyawan menerima kepastian gaji, kami para pebisnis memutar otak  untuk kepastian gaji karyawan. Karyawan tinggal terima perintah, kami pebisnis muter otak tiap hari untuk memberikan perintah/instruksi yang seringnya salah! bayangkan, enak ga?

Kalau saya pribadi sih menikmati, makannya ini tergantung mental. Kalau anda mau berhenti bekerja, siap ga dengan ke-tidak-enak-an tersebut? mental anda sudah sekuat apa?

Bisnis itu waktu fleksibel

Ya betul memang waktu saya jadi fleksibel saat berbisnis. Saya bisa ngajak anak saya main ke playground di waktu jam kerja, enak kan? tapi jam yang saya habiskan dengan anak saya di jam kerja tersebut harus saya tebus di lain waktu. Alias pekerjaan harus tetap terselesaikan meskipun saya menggunakan waktu saya bukan untuk bekerja.

Belum lagi kalau liburan saya harus selalu standby HP dan Laptop, karena banyak pekerjaan pekerjaan yang harus saya lakukan. Jadi apa bener fleksibel? ya bener fleksibel, fleksibel lebih sibuk. he he

Bisnis itu banyak uang

Wah ini yang fatal. Kami di level UMKM ini tidak merasa banyak uang. Tapi alhamdulillah nya kalau soal uang cukup. Kami berbisnis bukan untuk 1 hari, tapi untuk 10 tahun 20 tahun dst. Makannnya setiap ada profit kami "putar" lagi jadi modal.

Saya jualan baju muslim, profit saya besar sekali ketika lebaran, tapi apakah semua uang itu untuk saya? tentu tidak, semua uang itu hampir semuanya saya putar lagi untuk keberlangsungan bisnis.

Jika berandai-andai 5 tahun kebelakang ini saya pergunakan untuk berkarir, uang yang saya dapatkan akan lebih banyak dibandingkan saya full-time bisnis. Saya mungkin undah level manajer di perusahaan besar, yang gajinya mungkin minimal 20jt/bulan. Dan angka tersebut jika dikalikan 5 tahun, lebih besar daripada yang saya terima dari bisnis saya ini selama 5 tahun!

Jadi mau berhenti kerja? pikirkan dulu matang2, berkaca dulu, sudahkah anda siap memiliki uang pas pasan??

Tidak ada komentar:
Write komentar