Jumat, 28 Februari 2020

Apakah Saya Harus Punya Website Untuk Bisnis Online?

Apakah Saya Harus Punya Website Untuk Bisnis Online? ABSOLUTELY YES!

tonton versi video:
Banyak online shop yang sudah punya followers ratusan ribu, penjualan fantastis, dan ga punya website! banyak juga online shop yang reputasi di marketplace udah berbintang bintang, dan ga punya website! menurut hemat saya ini kesalahan fatal. Jangan cukup puas dengan IG yang followersnya banyak, FB yang likes nya banyak, reputasi marketplace yang banyak. Sekali lagi jangan puas dengan itu! anda harus punya website, berikut alasannya:

Kredibilitas

Artinya ini cermin dari bisnis anda, jika anda punya website, saya yakin sekali customer atau calon customer akan lebih percaya kepada bisnis anda. Usahakan website jangan yang abal abal ya. Maksud abal abal itu yang gratisan seperti blogspot.com atau wordpress.com, tapi harus yang TLD (top level domain) seperti .com, .co.id, dst.

Apalagi .co.id, jika anda mendaftarkan website dengan domain itu, anda harus submit KTP atau SIUP, artinya anda terverifikasi secara online.

Pasar Tidak Menentu

kita gak tau kapan IG akan turun pamor, kapan Youtube akan turun pamor, kapan Shopee akan turun, kapan Tokopedia akan bangkrut. Kita ga pernah tahu di zaman now yang penuh perubahan ini.

Tapi kalau website, sampai kapanpun insya Allah tidak akan pernah hilang. Jadi jika channel2 lain sudah bangkrut atau hancur, anda masih punya channel utama yaitu website anda.

Menjaring Semua Customer

Tidak semua customer mau beli di marketplace, tidak semua customer punya IG FB dlsb, makannya orang yang tidak terjaring ke channel2 tersebut harusnya bisa terjaring dengan website anda.

Mengukur Customer

Ini penting sekali! mengukur customer maksudnya adalah statistik customer yang mengunjungi website anda, yang diasumsikan tertarik dengan produk anda! kalau dengan website, kita bisa punya data yang lengkap dan komperhensif, sehingga kita bisa mengolah data statistik tersebut menjadi keputusan strategis bisnis kita.

Sebenernya IG FB dan marketplace sudah menyediakan statistik sih, namun ini kurang lengkap! jauh lebih lengkap website kita yang di-integrasikan dengan Google Analytics.

Landing Page Iklan

Setiap platform jualan online ada fitur iklan berbayarnya, nah khususnya FB IG dan Google Ads, mengharuskan ada landing page, atau link ketika customer klik iklan kita. Dan link tersebut setau saya tidak bisa lintas platform, misalkan anda beriklan di Google, tidak bisa memasang link Shopee anda sebagai landing page. Kenapa? mungkin karena Shopee mau menanggulangi siapa tau ada hal hal yang tidak baik dateng ke website mereka.

Maka website sendiri sangat penitng untuk dijadikan landing page ketika kita beriklan. Dari situ baru boleh diarahkan ke channel lain seperti WA, Shopee, Tokopedia, Lazada, IG, FB, dlsb.

Tidak ada komentar:
Write komentar