Minggu, 29 Desember 2019

Karyawan Tidak Disiplin, Nongkrong Saat Jam Kerja

Baru saja kemarin saya mendapatkan karyawan saya di jam kerja malah nongkrong di luar kantor sambil ngeroko dan (mungkin) sambil main game di HP. Yang bersangkutan memang sedang tidak ada kerjaan, alias kerjaannya sudah beres. Tapi saya tegur dia dengan cukup keras, karena kalau hal ini dibiarkan, akan timbul pemakluman pemakluman yang lain sehingga terjadilah budaya persmisif tidak disiplin di perusahaan saya.

karyawan nongkrong tidak disiplin saat jam kerja
karyawan nongkrong tidak disiplin saat jam kerja


Disiplin itu sangat penting sekali, jika kita memaklumi 1 kasus kecil, maka orang lain akan menganggap kasus kecil tersebut tidak apa apa, maka orang lain ikutan. Setelah semua orang mengikuti hal buruk ini, semua orang akan menganggap bahwa ini adalah bukan hal buruk, sehingga akan jadi budaya.

Saya kasih contoh supaya terbayang

Contoh kasus: Karyawan Pergi Sarapan Setelah Absen

wah  kasus ini banyak sekali terjadi di mana mana. tentu anda tau kan? atau mungkin anda mengalami? jadi kasus ini adalah karyawan yang datang ke kantor, absen tepat waktu, namun setelah absen dia langsung pergi nyari sarapan, dan baru mulai bekerja sekitar jam 09:00. Jadi ini itungannya telat atau bukan?

Kalau kita runut, mungkin awalnya budaya ini terjadi karena ada si A nyaris telat masuk kantor dan tidak sempat sarapan di rumahnya. Maka si A terpaksa makan dulu setelah absen, karena khawatir performa bekerjanya berkurang jika tidak makan. Atau mungkin si A punya maag akut sehingga mau ga mau harus makan dulu.

Si B melihat si A melakukan hal tersebut, padahal si B tidak telat dan sudah sarapan di rumahnya. Karena tidak ada teguran dari atasan, maka si B menganggap "oh boleh toh makan dulu sebelum masuk ruangan". Maka di hari-hari selanjutnya si B mengikuti apa yang pernah si A lakukan. Dan teguran masih juga belum ada dari atasan

Si  C melihat si B, si C ikutan dan ngasih tau si D.. begitu seterusnya.. sehingga hampir seluruh karyawan menganggap bahwa setelah absen di mesin, sarapan dulu di kantin sampai pukul 09:00 itu tidak mengapa. 

Terjadilah budaya TIDAK DISIPLIN di perusahaan tersebut. Budaya ini sebenernya bisa di-tackle saat kasus pertama kali si A. Dan jika sudah menjadi budaya apa yang harus dilakukan oleh boss? ya tindak tegas, dan bersiap banyak karyawan yang mungkin keluar dari perusahaan

===

jadi.... jangan kasih kelonggaran untuk disiplin. TIADA SUKSES TANPA DISIPLIN !

Tidak ada komentar:
Write komentar